Cara Belajar Matematika

Hasil gambar untuk opini tentang pelajaran matematika

Pernah gak kalian pas baca soal Matematika itu seperti membaca tulisan “kosong”? Kosong disini bukan gak ada tulisannya ya tapi gak ngerti mau diapain sama sekali soalnya, bener-bener buntu deh. Pengennya cepet selesai aja belajar Matematikanya..

Dan tentunya kalian akan merugi, kok rugi? Ya karena matematika itu adalah pelajaran yang sangat penting untuk melatih nalar kalian, siapapun harus bisa matematika tapi bukan matematika seperti di Indonesia ya, mmmh kayaknya gak perlu saya jelaskan alasannya di sini ya tapi saya akan tulis terpisah kenapa matematika itu penting.

Oke balik lagi ke inti dari tulisan ini…

Yang namanya penyakit itu selalu ada obatnya tinggal kalian mau gak meminum obatnya, kalau gak mau melihat tulisan kosong lagi ya harus mau ya hehe :)

Cara Belajar Matematika yang Benar

    1. Berpikir kritis, maksudnya tuh jangan telan rumus mentah-mentah, rumus itu gak turun dari langit, tanyakan ke guru yang ngasih rumus itu, kenapa bisa begitu. Ya intinya bertanya sehingga kalian gak hanya menghapal saja tapi memahaminya sehingga bisa hapal dengan sendirinya. Simpelnya gini deh, saya kasih salah satu rumus di logaritma karena ini gampang banget dijelasinnya melalui tulisan.
           

      Kalian pernah lihat dong rumus tersebut? Rumus itu salah satu sifat logaritma yang biasanya dihapalin. Ya kalau kalian hanya melihat rumus tersebut dan langsung menghapal rumus Matematika tanpa berpikir kritis itu cara belajar yang salah karena kalian menelan rumus itu mentah-mentah. Mau tahu darimana datangnya? Perhatikan ya.

      Sebelum kalian belajar Logaritma kalian tuh harus kudu wajib belajar Eksponen karena mereka berkaitan. Jadi gini, pas awal-awal belajar logartima kan diberikan konsep ini ya.

           

      Itu penting banget lho, jangan dilewatin gitu aja. Nah, sifat logaritma yang tadi datangnya dari konsep awal ini. Di konsep awal kan dikasih tahu bahwa     terus kita tahu bahwa    . Kalau kita substitusikan   ke     maka kita akan peroleh

           

      Gampangkan? hehehe. Yang kayak gini tuh gak perlu dihapal langsung, dengan kalian belajar menggunakan cara ini kalian akan hapal karena paham, ini yang namanya Minimalis Rumus Utamakan Konsep itu tujuan Istana Matematika.

      Intinya dalam mempelajari Matematika kalian harus tahu yang mana RUMUS UTAMA lalu yang mana RUMUS TURUNAN nya. Rumus utama itu rumus yang diperbolehkan menghapal karena penjabarannya panjang. Kalian gak perlu menganalisanya karena kalian kan bukan Mahasiswa Matematika TAPI klo rumus turunan kalian bisa menganalasinya tanpa menghapal karena penjabarannya sederhana seperti rumus ini      .

      Tapi sayang buku-buku Matematika sekarang isinya kebanyakkan rumus tanpa penjelasan lalu masih banyak guru yang masih ngasih rumus saja ke siswa tanpa menjelaskan.

      rumus       bukan rumus utama juga buat siswa kelas XII karena penjabarannya singkat tetapi untuk siswa kelas X SMA yang baru belajar logaritma mungkin sebaiknya dijadikan rumus utama tapi boleh juga dijadikan rumus turunan buat siswa yang dasar Matematikanya kuat.

      Selain logaritma tadi sudah ada beberapa rumus turunan yang gak perlu dihapal tapi saya jelaskan dalam bentuk video.

      Untuk anak SMP kelas IX , sering dong kalian lihat rumus ini pas belajar Kesebangungan

         
         
         

      Trus biasanya dihapalin.

      Rumus tersebut adalah rumus aturan cosinus
    1. Kerjakan soal yang diberikan guru dengan SENDIRI, jangan lihat kerjaan teman (belum tentu bener juga), diskusi boleh. Kenapa harus mengerjakan sendiri? Ya untuk membantu guru melihat sampai sejauh mana kalian paham akan materi yang sudah dijelaskan kalau kalian nyontek terus benar bagaimana guru bisa menganalisa kalian bisa apa enggak? Yang ada guru menganggap kalian bisa. Ini bahaya banget lho karena dengan menyontek kalian baru saja menabung sebuah materi yang akan berguna di bab lain. Ya itulah Matematika, selalu berkaitan satu sama lain.Jadi mulai sekarang jujur ya dengan kemampuan kalian, bangga dengan nilai kalian sendiri meskipun dibawah ekspetasi orangtua tapi itu hasil kerjaan kalian sendiri bukan bangga dengan nilai hasil menyontek. Kalian hanya mendapatkan NILAI bukan mendapatkan ILMU. Carilah ILMU bukan NILAI karena dengan ILMU kamu bisa mendapatkan NILAI terbaik.
  1. Jangan takut salah! Ya ini pentingnya pake banget ya, yang namanya belajar itu gak ada yang langsung benar jadi ya harus salah dulu terus pelajari kesalahannya di mana, guru akan membantu kalian dengan melihat kerjaan kalian (penting kan ngerjain sendiri?).

Ingat semua orang bisa menguasai Matematika dengan benar mungkin prosesnya beda-beda ada yang sebentar dan ada yang lama tapi kalau sekalinya kalian bisa kalian akan ketagihan hehe. Kuncinya kalian harus sabar dan jujur dalam mempelajari ILMU yang PASTI ini.

sumber: http://istanamatematika.com/opini-cara-belajar-matematika-yang-benar/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s